Kesempatan kali
ini saya akan mengenalkan pengetahuan dasar menggunakan aplikasi Unity 3D. Berikut beberapa
langkah yang perlu disiapkan dalam membuat sebuah Game di unity 3D.
Pengenalan dasar:

ada 5 area kerja dalam membuat game menggunakan unity yaitu:
1. Scene, merupakan Area Kerja atau work
Area Unity.
2. Hierarcy, merupakan Area tempat Object dalam
Game yang ada pada Work Area.
3. Project, merupakantempat Unity Asset atau Script yang akan digunakan dalam membuat game.
4. Game, merupakan Area tampilan “In Game”
project yang telah dibuat atau di atur.
5. Inspector, merupakan Area tampilan
Object Property pada setiap Object.
Cara Membuat Game FlappyBird
kita membuat game yang bekerja diplatform android maka kita harus mensetting platform yang
nantinya kita gunakan dengan cara Klik Menu
File > Build Setting
Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini
pilih pada Android lalu klik switch kemudian tutup
Setting Layar Android yang
akan kita gunakan sebagai patokan dengan cara pilih menu pada Game (Pojok Kiri Atas), kemudian klik
resolusi yang anda inginkan. Karena game ini menggunakan Screen Orientasi
Portrait, maka dianjurkan memilih orientasi Potrait dengan ukuran 480x800.
Selanjutnya klik kanan pada workspace Project, pilih Import Package > Custom Package. Kemudian cari file package dengan nama Modul Flappy Bird(file dan script tersebut sudah saya sediakan).jika anda tidak mempunyai bahanya anda bisa mendownload di https://docs.google.com/file/d/0BxzW3ilVT6g5m5zSWgtUjJFT2c/edit?usp=sharing dan anda harus membuar script nya sendiri .
Akan muncul tampilan seperti dibawah ini lalu klik import
Akan muncul beberapa asset dalam area kerja project
Langkah berikutnya adalah setting camera, dengan cara Klik object Main Camera pada Hierarcy, kemudian lihat property di workspace Inspector, ubah Size
kamera menjadi 1.16 (Perlu diingat bahwa ukuran kamera disesuaikan dengan
ukuran sprite)

Pada workspace Project pilih folder Prefab
kemudian cari object Background, lalu
klik dan drag object tersebut ke
Hierarcy.
Langkah selanjutnya pilih object Player, klik dan drag ke Hierarcy.
Kemudian kita membutuhkan beberapa komponen
agar Player bisa bergerak, adapun
beberapa komponen yang kita butuhkan seperti :
1. Circle Collider 2D
4. Script BirdController(harus dibuat sendiri)
Caranya sebagai berikut : Klik object Player pada Hierarcy,
kemudian akan tampil property pada Inspector,
klik tombol Add Component kemudian
ketikan pada pencarian masing komponen yang dibutuhkan.
L Lakukan hal sama disetiap menambahkan
komponen – komponen yang dibutuhkan.
Jika sudah terpasang akan tampak seperti
ini :
Kemudian Isi Audio File pada Script BirdController dengan cara :
a. Arahkan Project Folder ke Folder Audio
b. Klik dan Drag Audio File Ke Inspector.
Sfx_Hit ke Audio Hit, Sfx_Poin ke Audio Poin, Sfx_Wing ke Audio Swing
Arahkan Project Folder ke Folder Prefab
Klik dan Drag object Canvas
In Game , EventSystem , GameManager, Top dan Ground ke Hierarcy.
Kemudian pada Hierarcy
pilih object GameManager, dan
kemudian pada Inspector isikan Prefab Pipe dengan Pipe object dari Folder
Prefab dengan cara klik dan drag.
Tekan tombol Play untuk Memainkan.
Belum ada tanggapan untuk "Tutorial Membuat Game Dengan Unity "
Post a Comment