Beranda · Education · Tutorial · Game ·

Tutorial Membuat Game Dengan Unity

Kesempatan kali ini saya akan mengenalkan pengetahuan dasar menggunakan aplikasi Unity 3D. Berikut beberapa langkah yang perlu disiapkan dalam membuat sebuah Game di unity 3D.

Pengenalan dasar:




ada 5 area kerja dalam membuat game menggunakan unity yaitu:
 1. Scene, merupakan Area Kerja atau work Area Unity.
 2. Hierarcy, merupakan Area tempat Object dalam Game yang ada pada Work Area.
 3. Project, merupakantempat Unity Asset atau Script yang akan digunakan dalam membuat game.
 4. Game, merupakan Area tampilan “In Game” project yang telah dibuat atau di atur.
 5. Inspector, merupakan Area tampilan Object Property pada setiap Object.

                                                Cara Membuat Game FlappyBird



kita membuat game yang bekerja diplatform android maka kita harus mensetting platform yang nantinya kita gunakan dengan cara Klik Menu File > Build Setting


Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini


pilih pada Android lalu klik switch kemudian tutup


Setting Layar Android yang akan kita gunakan sebagai patokan dengan cara pilih menu pada Game (Pojok Kiri Atas), kemudian klik resolusi yang anda inginkan. Karena game ini menggunakan Screen Orientasi Portrait, maka dianjurkan memilih orientasi Potrait dengan ukuran 480x800.

Selanjutnya klik kanan pada workspace Project, pilih Import Package > Custom Package. Kemudian cari file package  dengan nama Modul Flappy Bird(file dan script tersebut  sudah saya sediakan).jika anda tidak mempunyai bahanya anda bisa mendownload di https://docs.google.com/file/d/0BxzW3ilVT6g5m5zSWgtUjJFT2c/edit?usp=sharing dan anda harus membuar script nya sendiri .


Akan muncul tampilan seperti dibawah ini lalu klik import


Akan muncul beberapa asset dalam area kerja project


Langkah berikutnya adalah  setting camera, dengan cara Klik object Main Camera pada Hierarcy, kemudian lihat property di workspace Inspector, ubah Size kamera menjadi 1.16 (Perlu diingat bahwa ukuran kamera disesuaikan dengan ukuran sprite)













Pada workspace Project pilih folder Prefab kemudian cari object Background, lalu klik dan drag object tersebut ke Hierarcy.













Langkah selanjutnya pilih object Player, klik dan drag ke Hierarcy.













Kemudian kita membutuhkan beberapa komponen agar Player bisa bergerak, adapun beberapa komponen yang kita butuhkan seperti :
 1.     Circle Collider 2D
       2.     Rigidbody2D
       3.     Audio Source
       4.   Script BirdController(harus dibuat sendiri)

Caranya sebagai berikut : Klik object Player pada Hierarcy, kemudian akan tampil property pada Inspector, klik tombol Add Component kemudian ketikan pada pencarian masing komponen yang dibutuhkan.


     










L    Lakukan hal sama disetiap menambahkan komponen – komponen yang dibutuhkan.
Jika sudah terpasang akan tampak seperti ini :














Kemudian Isi Audio File pada Script BirdController dengan cara :
a.  Arahkan Project Folder ke Folder Audio
      b.   Klik dan Drag Audio File Ke Inspector.  
    Sfx_Hit ke Audio Hit, Sfx_Poin ke Audio Poin, Sfx_Wing ke Audio Swing













Arahkan Project Folder ke Folder Prefab













Klik dan Drag object Canvas In Game , EventSystem , GameManager, Top dan Ground ke Hierarcy.

Kemudian pada Hierarcy pilih object GameManager, dan kemudian pada Inspector isikan Prefab Pipe dengan Pipe object dari Folder Prefab dengan cara klik dan drag. 













Tekan tombol Play untuk Memainkan.




  
   













Artikel keren lainnya: